Pengajaran sesuai dengan tingkat kemampuan adalah pendekatan belajar yang berpusat pada peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan mereka, bukan pada pada tingkatan kelas.
Apa tujuan pengajaran ini?
Sebagai bentuk implementasi filosofi ajar Ki Hajar Dewantara yang berpusat pada peserta didik
Peserta didik lebih kuat kemampuan numerasi dan literasinya
Pengetahuan pada tiap mata pelajaran peserta didik juga lebih kuat
Bagaimana pengelompokan peserta didik?
Peserta didik dikelompokkan berdasarkan fase perkembangan.
Apa itu fase perkembangan?
Fase atau tingkatan perkembangan adalah capaian pembelajaran yang harus dicapai peserta didik. Setiap proses pembelajaran tersebut disesuaikan dengan karakteristik, potensi, serta kebutuhan peserta didiknya.
Sekolah Reguler
Fase A: SD Kelas 1-2
Fase B: SD Kelas 3-4
Fase C: SD Kelas 5-6
Fase D: SMP Kelas 7-9
Fase E: SMA Kelas 10
Fase F: SMA Kelas 11-12
Sekolah Luar Biasa
Untuk SLB, capaian pembelajaran memakai acuan usia mental yang ditetapkan melalui asesmen.
Fase A: usia mental = 7 tahun
Fase B: usia mental +/- 8 tahun
Fase C: usia mental +/- 8 tahun
Fase D: usia mental +/- 9 tahun
Fase E: usia mental +/- 10 tahun
Fase F: usia mental +/- 10 tahun
Sinkronisasi Jenjang, Usia Mental, & Usia Kronologis
Fase A
Jenjang / Kelas: SD (1-2)
Usia Kronologis: kurang dari 6-8 tahun
Usia Mental: kurang dari 7 tahun
Fase B
Jenjang / Kelas: SD (3-4)
Usia Kronologis: 9-10 tahun
Usia Mental: +- 8 tahun
Fase C
Jenjang / Kelas: SD (5-6)
Usia Kronologis: 11-12 tahun
Usia Mental: +- 8 tahun
Fase D
Jenjang / Kelas: SMP (7-9)
Usia Kronologis: 13-15 tahun
Usia Mental: +- 9 tahun
Fase E
Jenjang / Kelas: SMA (10)
Usia Kronologis: 16-17 tahun
Usia Mental: +- 10 tahun
Fase F
Jenjang / Kelas: SMA (11-12)
Usia Kronologis: 17-23 tahun
Usia Mental: +- 10 tahun
Bagaimana menentukan kemajuan hasil belajar di metode ini?
Kemajuan hasil belajar peserta didik Anda dilakukan melalui evaluasi pembelajaran atau asesmen. Peserta didik yang belum mencapai capaian pembelajaran akan mendapatkan pendampingan dari Anda agar tercapai capaian pembelajarannya.
Bagaimana tahapan metode pengajaran ini?
Asesmen Diagnostik
Peserta didik Anda akan melakukan asesmen awal untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, tahap pencapaian pembelajaran, dan hal mendasar lainnya.
Perencanaan
Pada tahap ini, Anda akan menyusun proses pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen diagnostik.
Selain itu, Anda akan melakukan pengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan yang sama.
Pembelajaran
Selama proses pembelajaran, Anda akan mengadakan asesmen formatif secara berkala.
Sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran, di akhir proses pembelajaran, Anda akan melakukan asesmen sumatif. Asesmen ini juga akan memudahkan Anda untuk merancang projek berikutnya bagi peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar