Sabtu, 07 Mei 2022

Dimensi & Elemen Profil Pelajar Pancasila

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Akhlak beragama
Fase A

Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa

Mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Ia Maha Esa dan Ia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan

Pemahaman Agama/ Kepercayaan

Mengenali unsur-unsur utama agama/kepercayaan (ajaran, ritual keagamaan, kitab suci, dan orang suci/ utusan Tuhan YME).

Pelaksanaan Ritual Ibadah

Terbiasa melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaannya
Akhlak Pribadi
Fase A

Integritas

Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta

Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual

Memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya.

Akhlak kepada manusia
Fase A

Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respon secara positif.

Berempati kepada orang lain

Mengidentifikasi emosi, minat dan kebutuhan orang-orang terdekat dan meresponnya secara positif.

Akhlak kepada alam
Fase A

Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi

Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

Akhlak bernegara
Fase A

Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia

Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME.

Diperjelas dengan video berikut ini 


Berkebinekaan Global


Mengenal dan menghargai budaya
Fase A

Mendalami budaya dan identitas budaya

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya

Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya

Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan.
Komunikasi dan interaksi antar budaya
Fase A

Berkomunikasi antar budaya

Mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya

Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif

Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah

Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan
Fase A

Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan

Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekolah dan rumah

Menghilangkan stereotip dan prasangka

mengenali perbedaan tiap orang atau kelompok dan menganggapnya sebagai kewajaran

Menyelaraskan perbedaan budaya

Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan budaya yang konkrit di lingkungan sekitar

Berkeadilan Sosial
Fase A

Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan

Menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamin, dan perbedaan lainnya, dan mengenal masalah-masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan di lingkungan sekitarnya

Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama

Mengidentifikasi pilihan-pilihan berdasarkan kebutuhan dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan

Memahami peran individu dalam demokrasi

Mengidentifikasi peran, hak dan kewajiban warga dalam masyarakat demokratis. 

Diperjelas dengan video berikut ini


Bergotong-Royong

Kolaborasi
Fase A

Kerja sama

Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama.

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

Memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata-katanya sendiri.

Saling-ketergantungan positif

Mengenali kebutuhan-kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya.

Koordinasi Sosial

Melaksanakan aktivitas kelompok sesuai dengan kesepakatan bersama dengan bimbingan, dan saling mengingatkan adanya kesepakatan

Kepedulian
Fase A

Tanggap terhadap lingkungan Sosial

Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana untuk mengungkapkannya.

Persepsi sosial

Mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar dan penyebabnya.

Berbagi
Fase A

#N/A

Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar.

Diperjelas pada video berikut ini


Mandiri

Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Fase A

Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi

Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif

Mengembangkan refleksi diri

Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya.

Regulasi Diri
Fase A

Regulasi emosi

Mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi-situasi yang menyebabkan-nya; serta mengekspresi-kan secara wajar

Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya

Menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya.

Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri

Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa

Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri

Melaksanakan kegiatan belajar di kelas

Diperjelas dengan video berikut ini

Bernalar Kritis

Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
Fase A

Mengajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan

Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Fase A

#N/A

Melakukan penalaran konkrit dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan
Refleksi pemikiran dan proses berpikir
Fase A

Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri

Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci

Diperjelas dengan video berikut ini


Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal
Fase A

#N/A

Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Fase A

#N/A

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Fase A

#N/A

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan  Salam bahagia...Bapak / Ibu guru hebat kali ini kita akan mempelajari tentang perencanaan pembelaja...